Aktivitas Sekeliling Tanjung Bira

Matahari, Pasir dan Laut...

Betapa bagusnya tempat untuk pergi liburan pantai! Tanjung Bira terletak di paling ujung di kaki Sulawesi Selatan, menonjol dari daratan utama. Jadi anda akan menemukan beberapa pantai pasir putih yg indah dengan air yg jernih sampai ke sepanjang pesisir timur, dan juga di sepanjang pesisir barat.

Jadi kenapa tidak menyewa sepeda motor dan pergi menjelajah? Ambil saja handuk pantai, pakaian renang dan kacamata dan anda siap berangkat!

Pantai di sepanjang pesisir timur yaitu Pantai Timur, Marumasa, Kasuso, Apparalang, Mandala Ria dan Samboang. Sepanjang pesisir barat yaitu Pasir Putih, pantai Bara dan Lemo Lemo.

Diving yg Mengagumkan di Tanjung Bira

Tanjung Bira terkenal dengan batu karangnya yg murni dan indah, juga sering disebut "coral triangle" dunia. Di daerah ini punya lebih dari 16 tempat menyelam, sehingga memungkinkan ada lokasi yang cocok bagi penyelam-penyelam dari berbagai tingkat pengalaman. Ikan pari, ikan barrakuda, ikan hiu dan kura-kura Hawksbill kemungkinan besar dapat dilihat sekitarnya,dan Bira juga punya makro yg indah juga.

Tempat menyelam yang populer adalah Pulau Kambing, letaknya antara Bira dan Pulau Selayar. Pada saat ini ada 4 Dive Center di sekitar Tanjung Bira. Yg paling dekat hanya 200 meter dari Kaluku Cottages. Semua Dive Center di Bira bisa jemput-antar tamu kami langsung dari Kaluku Cottages.

Pembuatan Perahu Phinisi Tradisional

Sekarang anda sudah bisa melihat perahu phinisi tradisional, atau skooner pinisi yg sedang dibikin hanya 5 menit jalan menelusuri pantai dari Kaluku Cottages. Sebagian dari pembikin perahu yg dari Tanah Beru telah memindahkan usaha pembuatan perahu mereka ke sini di Tanjung Bira. Jadi anda tidak perlu lagi pergi jauh-jauh utk melihat perahu yg indah ini dengan dekat.

Ciri khas phinisi 'Bugis' punya 2 tiang dan 7 layar, dan masih membangun dengan menggunakan peralatan dan teknik tradisional. Anda akan menemukan banyak macam ukuran perahu yg dibikin di sini. Yg paling besar sampai saat sekarang ini dengan ukuran panjang 50 meter dan beratnya mencapai 700 ton.

Snorkling di sekitar Bira

Pantai Bira telah menjadi tempat populer untuk snorkling, terutama di sepanjang batu karang yang merangkul pesisir pantai. Kalau anda mau mengalami karang yang lebih menarik, seperti yang di Pulau Liukang dan sekitarnya, anda perlu carter perahu nelayan untuk sampai di sana, yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Di perairan jernih ini kemungkinan besar akan melihat banyak kehidupan laut yg warna warni dan tumbuhan batu karang yang bagus. Hawksbill dan kura-kura laut sering dilihat, juga beberapa makro, ikan skorpion, pipefish dan kuda laut.

Pemandangan Pua Janggo